Rabu, 11 Juli 2012

Teh Pucuk Gaharu

TEH GAHARU adalah teh yang terbuat dari daun muda tanaman penghasil gaharu. Teh ini ternyata tidak hanya enak diminum, cocok dinikmati pada suasana dingin, seperti malam hari atau saat musim hujan tiba juga memiliki khasiat terhadap kesehatan tubuh. beberapa kesaksian orang yang pernah minum teh gaharu merasakan bahwa setelah mengkonsumsi teh gaharu ini mengutarakan:
  1. Obat untuk mengurangi rasa sakit kepala (pusing).
  2. Meningkatkan stamina bagi pria.
  3. Meningkatkan stamina dan kesehatan, tidak mudah masuk angin.
  4. Obat penyakit dalam (sakit perut, dll)
Insya Allah teh Gaharu, dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Oleh sebab itu di masa mendatang kandungan aktif dalam teh gaharu ini harus diketahui, untuk memberikan justifikasi ilmiah kepada khalayak. Usaha untuk mengetahui kandungan bahan kimia dalam teh gaharu, dalam waktu dekat akan dilakukan oleh Alam Tropika berkerja sema dengan lembaga yang berkompenten.
Tidak semua jenis gaharu dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan teh gaharu, hanya jenis yang tergolong dalam famili Themelaeaceae, dengan genus tertentu yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan teh gaharu.
Daun gaharu pilihan dapat diproses menjadi teh hijau gaharu (agarwood green tea) dan teh hitam gaharu, masing-masing mempunyai cita rasa yang khas.
Minum teh hangat merupakan suatu kenikmatan tersendiri bagi kita, apalagi disaat cuaca dingin seperti sekarang ini. Saat ini selain menghasilkan bahan untuk obat maupun minyak wangi, ternyata gaharu juga bisa dijadikan teh. Barangkali sebagian dari kita belum pernah merasakan Teh Gaharu. Sebuah perusahaan di Malaysia AROMAMAS ENTERPRISE sudah mengeluarkan produk teh gaharu ini.
Dari informasi yang kami peroleh, berikut ini manfaat dan khasiat dari teh gaharu:
  1. Membantu masalah insomnia/sukar tidur.
  2. Membantu merendahkan tahap kolestrol.
  3. Membantu meredakan ketegangan/hipertensi/stress.
  4. Membantu mengurangkan toksik dalam badan.
  5. Tanpa gula – Tanpa Kafein – Tanpa Asis Tanin.
  6. Mengatasi masalah pelawasan.
  7. Anti Oksidant.
  8. Mengurangkan kadar tekanan dalam darah dan gula yang tinggi.
Manfaat Teh Gaharu pada Kesehatan adalah:
  1. Anti Stres dan Hipertensi.
  2. Penurunan tahap kolestrol.
  3. Penurunan tahap tekanan darah tinggi dan gula.
  4. Pelengkap tambahan keperluan kalsium dan vitamin.
  5. Kafein, tannin dan tanpa gula.
  6. Membantu pengurangan berat badan dan lemak.
  7. Anti Oksida.
  8. Membantu keimbangan sistem vascular, tulang dan sendi.
  9. Memberi kesegaran.
  10. Memudahkan tidur dan merawat insomnia.
  11. Mengurangkan sakit kepala.
  12. Membantu pengaliran darah dan edaran oksigen.
Manfaat Gaharu
Gaharu mengandung essens yang disebut sebagai minyak essens (essential oil) yang dapat dibuat dengan eksraksi atau penyulingan dari gubal gaharu. Essens gaharu ini digunakan sebagai bahan pengikat (fixative) dari berbagai jenis parfum, kosmetika dan obat-obatan herbal. Selain itu, serbuk atau abu dari gaharu digunakan sebagai bahan pembuatan dupa/hio dan bubuk aroma therapy.
Daun pohon gaharu bisa dibuat menjadi teh daun pohon gaharu yang membantu kebugaran tubuh. Senyawa aktif agarospirol yang terkandung dalam daun pohon gaharu dapat menekan sistem syaraf pusat sehingga menimbulkan efek menenangkan, teh gaharu juga ampuh sebagai obat anti mabuk.
Ampas dari sulingan minyak dari marga Aquilaria di Jepang dimanfaatkan sebagai kamfer anti ngengat dan juga mengharumkan seluruh isi lemari. Oleh masyarakat tradisional Indonesia, gaharu digunakan sebagai obat nyamuk, kulit atau kayu gaharu dibakar sampai berasap. Aroma harum tersebutlah yang tidak disukai nyamuk

1 komentar: